Cara Menggunakan Kamera Analog di Zaman Now

OnetoTech.com – Sekarang adalah jamannya era digital yang bisa di katakan semua serba mudah dan otomatis. Jadi wajar jika orang yang hidup dan berkembang di zaman now tidak akan sanggup menjalani kehidupan seperti zaman sebelumnya. Dalam fotography misalnya, dulu ada istilah kamera analog, Tau cara menggunakan kamera analog ? yang semuanya serba manual dan terkesan ribet cara mengoperasikannya. Bagaimana jika kamera tidak ikut bertransformasi ke bentuk digital di Zaman Now ? Trend selfi dan ngevlog mungkin tidak akan ada.

Sebenarnya cara menggunakan kamera analog itu mudah asal betul betul di pelajari dengan baik. Setidaknya ada 6 hal yang perlu di perhatikan dalam menggunakan kamera analog buat keperluan memotret. Buat anda yang khususnya kids Zaman Now yang ingin tau dan merasakan kejujuran dari kamera analog dalam hal hasil jepretan akan membutuhkan usaha lebih besar bila ingin menggeluti fotografi jadul di tengah dominasi kamera digital saat ini.

Berbagai Model Kamera Analog di Zaman Now

Gambar : Instagram/fahmysiddiq/

6 Cara Mudah dan Ampuh dalam Menggunakan Kamera Analog

Setiap kegiatan pemotretan tentu membutuhkan persiapan sebelum memulainya. Baik itu pemotretan menggunakan kamera digital ataupun kamera analog. berikut adalah 6 trik atau cara ampuh dalam menggunakan kamera analog untuk pemotretan.

1. Siapkan Kamera Analog

Sudah punya kameranya ? Saat ini mungkin sulit menemukan kamera analog baru karena sudah lain zamannya. Tapi anda bisa coba bertanya pada orang tua anda, mungkin saja masih memiliki kamera jadul yang tersimpan sebagi kenang kenangan saat masih muda dulu. Bisa juga dengan bergabung dalam sebuah wadah komunitas kamera analog, karena mungkin di sana nanti anda akan mudah menemukannya.

Siapkan Kamera Analog

Gambar : Google

Kalau beli berapa harganya ?  Harga kamera analog bekas berkisar antara mulai Rp300.000 hingga jutaan. Jenisnya bermacam-macam,  ada kamera saku, rangefinder atau SLR. Untuk menghemat sebaiknya pilih kamera analog yang sesuai kebutuhan dan dana Anda.

Baca Juga : Memotret dan Merekam Aktifitas Manusia

2. Pastikan Kondisi Kamera Analog Bagus

Ini yang juga penting untuk di perhatikan, karena barang bekas itu berbeda dengan barang baru serta perlu ketelitian. Selalu mengecek kondisi kamera, pastikan kondisi serta fungsinya masih bagus. Masalah Bodi pada kamera analog jangan jadi persoalan yang penting adalah kamera analog tersebut masih dapat berfungsi dengan baik.

Cek Kondisi Kamera Analog

Gambar : Kompas

Penting ! Harap Jangan menyepelekan cacat pada kamera, karena cacat yang ada selain di body  belum tentu itu bisa diperbaiki di tempat servis kamera analog.

3. Eksplorasi Film

Tentu kita tahu bahwa kamera analog tidak menggunakan chips atau memory card. Buat anda kids zaman now mungkin perlu tahu jenis jenis dan merek brand rol film yang bisa digunakan di kamera analog (search di google). Ada dua jenis brand roll film kamera analog yaitu film berwarna dan hitam putih. Formatnya juga bermacam-macam, ada yang 35mm dan 120 mm.

Jenis Roll Film Kamera Analog di Zaman Now

Gambar : Grid.id/

Fotografer zaman dulu sangat paham dengan karakter dari setiap jenis brand roll film kamera analog. Karena memang berbeda dengan era digital saat ini, semuanya serba otomatis dan mudah. karena ini merupakan hal penting untuk hasil foto yang akan di ambil, jadi mesti memahami jenis dan karakter brand roll film yang di gunakan. Salah pilih akan berakibat hasil foto yang di ambil tidak sesuai dengan keinginan kita karena beda film, beda pula tone hasil fotonya.

Cara Pasang Roll Film Kamera Analog

Gambar : Techno/Kompas

4. Ketahui Teori dan Cara Menggunakan Kamera Analog

Salah satu hal yang harus dipelajari sebelum memulai fotografi dengan kamera analog adalah kemampuan mendapatkan exposure yang baik, yakni dengan menyesuaikan ISO/ASA, shutter speed dan apperture. Kemudian, pelajari komposisi dalam mengambil foto agar hasilnya lebih keren.

Cara Jepret Kamera Analog

Gambar : Kaskus Network

5. Cuci Hasil Jepretan dan Lihat Hasilnya

Salah satu perbedaan besar antara  proses fotografi dengan kamera analog dan digital adalah kita harus memproses film untuk bisa melihat hasilnya. Perlu di perhatikan dan di ingat, jangan menunda-nunda proses pencucian rol film bila semua sudah terpakai di kamera.

Proses Cuci film Jepretan Kamera Analog

Gambar : onestylishbride.com

Jika menunda nunda bisa menyebabkan hasil jepretan kamera analog anda tadi tidak sempurna. Karena Film kalau belum dicuci, expired date-nya enggak berhenti jadi sangat penting untuk langsung dicuci kalau sudah selesai.

Tempat Reparasi Kamera Analog

Gambar : viva.co.id

6. Tahu Tempat Reparasi Kamera Analog

Tidak semua fotografer itu pandai memperbaiki kamerannya sendiri dan tentu butuh bantuan dari tukan ahli reparasi kamera khususnya kamera analog. Tempat reparasi tersebut bisa anda temukan di sekitar tempat anda tinggal, misalnya studio foto yang menyediakan layanan reparasi kamera. kalau di jakarta, salah satu tempat yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah pada kamera atau sekadar membersihkan jamur pada lensa adalah Prima Photo di gedung Bioskop Globe.

Itulah 6 hal yang perlu di perhatikan sebelum menggunakan kamera analog untuk kegiatan pemotretan. Mau mahir dan mendalami ilmu tehnik fotografer dengan kamera analog bergabunglah dengan banyak komunitas khusus kamera analog. Bisa anda temukan di banyak  media sosial atau web forum seperti twitter, facebook atau kaskus network.

Last Modified : 2017-10-21
Tags:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *