Cara Mengetahui Data Facebook Kita di Curi Atau Tidak

Onetotech.com – Facebook benar benar apes kali ini, 80 juta lebih data pengguna facebook mengalami kebocoran. Kebocoran data pengguna tersebut telah salah gunakan oleh sebuah perusahaan bernama Cambridge Analytica. Bahkan Indonesia adalah negara no 3 terbanyak yang data pengguna facebooknya di curi oleh mereka. Dengan adanya masalah ini facebook mendapat kecaman dari dunia internasional. Lalu bagaimana Cara Mengetahui Data Facebook Kita di Curi Atau Tidak, karena tentu kita yang memiliki akun dengan banyak data penting tersimpan di facebook akan sangat beresiko.

Indonesia menjadi negara ketiga teerbesar yang data pengguna facebooknya bocor ke perusahaan bernama Cambridge Analytica. Setidaknya ada sekitar 1 Juta lebih data pengguna facebook indonesia yang bocor dan ini tentu sangat tidak baik untuk Indonesia.

Cara Mengetahui data facebook kita di curi atau tidak

Amerika Serikat menempati urutan teratas dengan kebocoran data 70,6 juta pengguna Facebook. Sementara itu Flipina menempati urutan kedua dengan kebocoran data 1,1 juta pengguna Facebook. Negara lain seperti Mexico, Canada, India, Brazil, Vietnam dan Australia rata rata masih dalam hitungan ratusan.

Bagaimana Cara Mengetahui Data Facebook Kita di Curi Atau Tidak ?

Facebook mengatakan tidak mengetahui persis data apa saja yang dibocorkan ke Cambridge Analytica. Jumlah pengguna dalam grafik di atas merupakan perkiraan yang dinilai terbaik untuk mencakup angka maksimal dari akun yang terdampak. Jadi untuk itu facebook mengeluarkan semacam cara untuk mendeteksi apakah akun kita (sebagai pengguna facebook) ikut terdampak dengan masalah ini atau tidak. Di akhir artikel nanti akan kami sertakan link untuk mengetahui data faacebook kita di curi atau tidak.

Dengan adanya masalah tersebut dan membuat facebook di sorot oleh dunia international membuat mereka melakukan langkah langkah preventif. Hal itu di lakukan untuk mencegah hal hal serupa terjadi di masa mendatang.

Pembatasan Akses Data Facebook

Secara garis besar facebook akan membatasi akses data pengguna Facebook melalui API (application programming interface) untuk digunakan di aplikasi lain seperti Instagram maupun pihak ketiga. Facebook juga menghapus Fitur pencarian akun yang di lakukan dengan mengetikkan nomor telepon atau alamat e-mail lewat layar login Facebook.

Pembatasan akses data pengguna Facebook

Hal ini di lakukan karena dinilai sering disalahgunakan dan membahayakan data pengguna. Perlu anda ketahui bahwa Fitur yang satu ini sering dimanfaatkan orang lain yang ingin masuk akun pengguna dengan berpura-pura lupa password. Seperti dalam kasus pengguna yang tiba-tiba mendapat email atau SMS berisi kode reset password.

Ketentuan Baru Bagi Pengiklan Facebook

Kemampuan akses data dari API untuk membuat Events, Groups, Pages, juga Instagram saat ini telah di sunat. Bagi pengiklan yang memungkinkan penyedia data pihak ketiga menawarkan tergeting secara langsung di Facebook juga telah dihapus pada pekan lalu.

Batasan waktu penyimpanan panggilan atau Call history untuk orang-orang yang dikontak pengguna melalui aplikasi Messenger atau Facebook Lite di Android akan secara rutin dihapus begitu umurnya melewati satu tahun. Server Facebook juga hanya akan menerima data yang memang dibutuhkan untuk menjalankan fitur ini saja, bukan informasi detil seperti waktu panggilan.

Tautan Khusus Bagi Pengguna Facebook

Selanjutnya pada 9 April mendatang, Facebook akan menyajikan sebuah tautan khusus di bagian atas News Feed. Fungsinya adalah untuk menunjukkan kepada pengguna tentang aplikasi mana saja yang mereka pakai dan informasi pribadi seperti apa yang diakses oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Apabila tidak diinginkan, pengguna bisa menghapus aplikasi yang bersangkutan.

Untuk informasi selengkapnya, anda bisa mengunjungi laman keterangan resmi Facebook di tautan berikut. Bagi yang akan melihat atau mengetahui data facebook di curi atau tidak bisa merujuk pada tautan berikut ini.

  1. Keterangan Resmi Facebook
  2. Tautan untuk Periksa data Pengguna

Demikianlah sedikit info tentang ramainya kabar kebocoran data pengguna facebook yang menyita perhatian dunia international. Sebagai tambahan, Untuk kalian yang masih kesulitan bagaimana cara mengetahui data facebook kita di curi atau tidak silahkan cek langsung menggunakan link yang penulis bagikan di atas.

Last Modified : 2018-04-16

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *